-->
BLANTERWISDOM101

XAPK dan Cara Menginstall XAPK

Senin, 15 Maret 2021


Hallo teman-teman semua, Jika kalian mendownload aplikasi atau game android umumnya format atau extension aplikasi tersebut adalah APK. Namun pernahkah kalian menemukan atau mungkin pernah mendownload aplikasi atau game Android yang berformat  XAPK ?. APK dan XAPK  keduanya adalah extension untuk package android dan keduanya sama-sama bisa di instal di perangkat Android kita.



Namun apa yang membedakan APK dan XAPK?

 

APK


APK merupakan singkatan dari Application Package File, ini adalah ektensi yang paling sering kita temui di Android kita. File apk biasanya berukuran umumnya tidak lebih dari 500 Mb dan jika menginstall game APK biasanya di dalam game kita harus mendownload file lagi yang ukurannya jauh lebih besar dari ukuran APK tersebut. Contohnya seperti Ketika kita menginstall game mobile legend kita harus mendownload lagi resource-resource di dalam game yang ukuranya lumayan besar. Umumnya Apk harus mendownload file OBB didalam game atau aplikasi.

 

XAPK


Ok sekarang kita masuk ke XAPK, sebenarnya XAPK ini tidak jauh berbeda dari APK seperti yang saya sebutkan diatas tadi, keduanya sama-sama bisa diinstal dan bisa dijalankan. Perbedaan yang membedakan adalah XAPK berisikan file OBB dan APK, jadi Ketika kalian mendownload XAPK kalian tidak periu lagi mendownload data OBB di dalam game atau aplikasi, karena keduanya sudah dijadikan satu di XAPK ini.

Nah, apa kalian sudah mengerti perbedaanya?

Intinya APK umumnya aplikasi yang berukuran kecil yang hanya ratusan Mb saja dan untuk game APK kita harus mendownload file atau data OBB nya lagi di dalam game. Sedangkan XAPK itu gabungan dari XPK dan File OBB dan ukuranya lebih besar dari APK, umumnya XAPK berukuran lebih dari 1Gb.

 

Cara Menginstall XAPK


Walaupun sama-sama bisa dijalankan di android namun ternyata menginstall XAPK tidak semudah menginstall APK. Bagi kalian yang belum tahu cara menginstall XAPK, berikut saya akan share bagimana cara menginstallnya.


Cara Manual

1. Silahkan kalian cari file xapk kalian
2. Ekstrak file xapk ke folder yang kalian inginkan ( Disini saya menggunakan zarchiver untuk ekstak game pes2021) dan tunggu sampai selesai


3. Buka file hasil ekstrak , lalu Install seperti File  yang berformat APK



4. Jika telah selesai silahkan tutup dan jangan dibuka aplikasi atau gamenya terlebih dahulu
5. Silahkan kalian kembali ke folder hasil ekstrak XAPK tadi lalu cari file data OBB


6. Jika sudah silahkan kalian copy atau pindahkan file OBB tersebut ke folder Android>OBB
7. Jika file tersebut sudah ada silahkan timpa saja
8. Setelah selesai silahkan buka game atau aplikasi
9. Selesai dan selamat memainkan



Cara Gampang

1. Silahkan kalian download terlebih dahulu XAPK Installer di playstore


2. Buka aplikasinya dan berikan izin akses jika diminta
3. Silahkan aktifkan install package dan read and write , izinkan jika dimintai akses
Pilih install XAPK files


4. Nah disini kalian ada dua pilihan yang pertama automatically, disini aplikasi akan otomatis mencari file XAPK yang ada di HP kalian, yang kedua Manual dimana kalian harus mencari sendiri file XAPK kalian. Oke disini saya memilih  manual


5. Setelah itu cari pilih file XAPK yang ingin kalian install
6. Lalu tunggu hingga proses selesai


7. Setelah itu install seperti biasa



8. Dan selamat memainkan

  

Nah sekarang kalian sudah tau perbedaanya dan sudah tau bagaimana cara menginstall XAPK


Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari kedua ekstensi tersebut?

Kelebihan dan kekurangan APK


Kelebihan apk karena file OBB mendownload didalam aplikasi atau game jadi kita tidak perlu takut akan gagal install atau file corrupt, dan tentu saja bisa diinstal dan dijeda kapanpun kita mau. Kekurangan file APK menurut saya sendiri adalah file jika kita mendownload game APK dan OBB nya ternyata besar dan memori kita tidak cukup terpaksa kita harus menghapus game ini dan sia sia kita sudah mendownload gamenya hehe, namun ini tentu tidak berlaku jika kalian bisa menghapus beberapa file yang tidak terlalu penting.

 

Kelebihan dan kekurangan XAPK


Kelebihan dari XAPK adalah kita cukup sekali download bisa lewat pc ataupun browser dan tidak perlu mendownload file OBB atau data lagi didalamnya. Kekurangan untuk XAPK yaitu potensi terjadinya gagal install karena ada file yang corrupt didalamnya

 

Oke mungkin itu saja yang bisa saya share tentang XAPK dan APK kali ini , semoga bermanfaat, dan sampai jumpa

 

Share This :
Richousin

Dont do what you love, but love what you do, And Never stop learning.

0 komentar