-->
BLANTERWISDOM101

Whatsapp Sering Down, Signal Semakin Populer

Jumat, 19 Maret 2021


Belakangan ini Whatsapp nampaknya sedang mengalami masalah yang tidak sepele, setelah sebelumnya whatsapp dikabarkan membocorkan data-data pengguna-nya ke Facebook, lalu sekarang server whatsapp yang sering down. Hal ini tentu membuat pengguna Whatsapp  tidak  nyaman, apalagi jika keperluan bisnis-nya sangat tergantung pada Whatsapp, maka tak heran banyak pengguna whatsapp yang beralih ke aplikasi lain karena merasa di Whatsapp kurang aman dan buruknya server yang sering down.

Seiring dengan turunya peforma aplikasi Whatsapp, munculah aplikasi yang sangat mirip dengan whatsapp, yang dimana setiap pesan dan media yang dikirim akan terenkripsi secara end to end. Aplikasi ini bernama Signal. Signal sendiri sebenarnya sudah didirikan cukup lama yaitu pada tahun 2013 silam, lalu pada tahun 2018 Brian Acton salah satu pendiri whatsapp yang sudah keluar, menginvestasikan dananya ke Signal sebanyak USD 50 Juta, atau sekitar Rp.708 Miliar. 

Aplikasi signal juga mendapat dukungan dari orang terkaya sedunia Elon Musk dengan tweetnya "Use Signal" di Twitter. Jumlah unduhan di playstore dan appstore pun melunjak dan menduduki peringkat atas aplikasi jejaring sosial. 

Haruskah berpindah dari Whatsapp ke Signal

Whatsapp sendiri sebenarnya juga sudah mengeluarkan klarifikasi perihal masalah yang sedang ramai diperbincangkan. Whatsapp mengatakan bahwa data yang diberikan ke Facebook hanyalah metadata, dan interaksi bisnis , seperti kapan pesan tersebut dikirim dan kepada siapa dikirim, whatsapp tetap tidak akan membocorkan isi percakapan penggunanya. Namun tetap adanya kebocoran data walau hanya metadata itu tetap membuat rentan privasi penggunanya yang akhirnya meninggalkan Whatsapp.

Diluar negeri sendiri aplikasi Signal sudah mendapatkan banyak sekali pengguna. Namun saya rasa jika di Indonesia ingin meninggalkan Whatsapp akan sulit, karena rata-rata orang Indonesia masih menggunakannya, ya walaupun ada beberapa orang yang sudah beralih ke aplikasi lain. Jikapun kalian sudah berpindah whatsapp ke Signal, kalian mungkin hanya akan menemukan sedikit teman kalian yang berada di Signal. 

Jadi untuk saat ini tidak mungkin untuk meninggalkan Whatsapp yang sudah membekas di hati orang Indonesia. Tapi jika Whatsapp tidak segera memperbaiki masalahnya, lambat laun pasti Whatsapp segera ditinggalkan penggunanya dan Whatsapp hanya tinggal kenangan seperti Blackberry Messenger.

Share This :
Richousin

Dont do what you love, but love what you do, And Never stop learning.

0 komentar