-->
BLANTERWISDOM101

Review Custom rom LineAge OS Di Asus Zenfone MaxPro M1

Sabtu, 13 Maret 2021
Dewasa Ini saya rasa perkembangan dunia Android sudah sangat melambung tinggi, semakin banyak saja produk-produk baru yang diluncurkan setiap tahunya baik hardware ataupun softwarenya. mereka semua bersaing untuk memperebutkan hati kita semua. Dengan keunggulan produk mereka masing-masing kita dituntut untuk lebih pandai memilih dan memilah produk yang akan kita pakai.

dengan sistem operasi yang terbuka Android memungkinkan user untuk lebih leluasa mengembangkan dan mengoprek sendiri perangkat Android mereka. Satu hal yang paling menarik bagi saya adalah Android bisa menggunakan custom room untuk perangkat selulerya sehingga pengguna tidak akan mudah bosan dengan tampilan UI dan sistem di perangkat Android yang dipakai.

lineageos



LineAge OS 


Salah satu custom rom yang terbaik menurut saya adalah LineAge OS, LineAge OS merupakan versi upgrade dari cyanogen mod yang sekarang sudah tidak melanjutkan operasinya lagi. Saya sebelumnya juga pernah mencoba beberapa cusrom (Custom Rom) seperti Nusantara Project, Corvus, MIUI Cusrom, dan lainya. 
dibawah nanti saya akan menjelaskan kenapa saya jatuh hati ke lineage os dan enggan berpindah ke custom rom lainya. 


Tampilan UI


Yang saya suka dari lineage os adalah karena tampilanya yang sederhana simple namun powerfull dan tetap elegan, berikut adalah beberapa screenshot tampilan di Hp saya


lineage os




Untuk Wallpaper dan Menu ini mirip sekali dengan tampilan Android One ,usap keatas untuk membuka menu, dan kita juga bisa menambahkan beberapa widget dan shortcut aplikasi, cukup simple dan mudah. Namun jika kalian ingin mengelompokan beberapa aplikasi di satu folder sayangnya ini tidak bisa dilakukan, jadi aplikasi di menu akan terlihat sangat banyak. Namun bagi saya ini bukanlah suatu masalah, dan sejauh ini saya nyaman-nyaman saja menggunakanya.

Tampilan scorllbarnya pun juga sangat simple dan enak dilihat

lineage os

lineage os

lineage os



yang paling saya suka adalah fitur jangan ganggu, jika fitur ini aktif maka semua notifikasi tidak akan muncul, dan akan langsung muncul jika kalian menonaktifkanya. Ini sangat membantu saya untuk fokus, ketika membaca ebook ataupun sedang mengerjakan hal yang laiya, fungsi ini juga bisa digunakan saat bermain game untuk memblock notif yang mengganggu.
Di bagian scroolbar ini kalian juga bisa mengcustomisasi fitur apa saja yang ingin kalian tempatkan, kalian bisa menambah dan mengurnagi fitur-fitur yang dirasa kurang perlu.

Baterai dan Performa



lineage os




Ini adalah hal terpenting untuk perangkat seluler, percuma mempunyai UI yang keren namun bateai boros dan performa lambat, untuk performa LineAge OS memberikan pengalaman pengoperasian android saya lebih memuaskan dimana performa yang diberikan sangat seimbang, baik untuk sosmed, aplikasi kerja, bahkan game pun terasa lancar. Untuk multitasking karena saya hanya menggunakan varian ram 3/32 jadi hanya bisa membuka 3-4 aplikasi bersamaan. Saya rasa itu  sudah cukup untuk keperluan saya.


Untuk baterai , selain memberikan performa yang baik namun kalian juga tidak perlu cemas akan baterai. Di perangkat saya asus Maxpro M1 untuk daya tahan baterai bisa bertahan hingga 12 JAM untuk pemakaian normal dengan data internet menyala dan dual sim aktif. saya biasa mencabut penuh baterai 100% jam 6 pagi lalu saya gunakan untuk kerja dan kegiatan sehari-hari biasanya saya akan mengcharge lagi habis magrib itupun biasanya masih sisa diatas 20%. Namun untuk Penggunaan game tentu berbeda, Untuk bermain game mampu bertahan 3-5 jam tergantung suhu ruangan , dan jenis game yang dimainkanya, ini berdasarkan pengalaman saya sebelum saya menguinstall semua game saya. Mungkin nanti saya akan membahas lebih lanjut performa gaming menggunakan LineAge OS.

Memang daya tahan baterai tidak sepenuhnya tergantung pada rom yang kita pakai, namun dengan sistem OS yang lebih baik tentu akan lebih menghemat efisiensi penggunaan baterai, saya sebelumnya pernah menggunakan CORVUS dan hasilnya memang berbeda dengan LineAGE os Untuk masalah baterai LineAge OS  masih yang terbaik bagi saya.

Update 



lineage os


Lineage OS rutin mengupdate beberapa bulan sekali untuk memperbaiki bug dan meningkatkan performa. Untuk update kalian tidak perlu repot ke TWRP karena kalian bisa langsung Update dari sistem update di pengaturan tanpa khawatir kehilangan data dan aplikasi penting kalian. Cukup download update dan install.


Kesimpulan

LineAge OS sangat cocok bagi kalian yang membutuhkan performa dan baterai yang seimbang, dan tidak terlalu serig bermain game. karena LineAge OS ini ditunjukan untuk multitasking dan penggunaan office app . Jadi jika kalian seorang pegawai atau orang yang sering buka-buka dokumen dan pekerjaan kalian tidak bisa ditinggalkan sehingga kalian harus standby dengan Hp kalian maka LineAge OS cocok untuk kalian gunakan. Namun jika kalian seorang gamer dan membutuhkan performa yang lebih untuk bermain game, saya rasa LineAge OS kurang cocok untuk kalian karena minimnya fitur untuk game di ROM ini, dan performa untuk game pun masih kalah dengan CORVUS atau NUSANTARA. Walau begitu bukan berarti LineAge OS tidak bisa digunakan untuk bermain game , karena ketika saya bermain game dengan lineage os , nyaman nyaman saja dengan playbility yang masih cukup bagus.




Share This :
Richousin

Dont do what you love, but love what you do, And Never stop learning.

0 komentar