Mengenal Aplikasi Termux Dan Fungsinya

Termux:Boot - Apps on Google Play

Mengenal Aplikasi Termux Dan Fungsinya

 

Dalam hal ini, perkembangan teknologi zaman sekarang sudah berkembang pesat. Apalagi Anda sedang mengetahui banyak ilmu dan mempelajarinya, tak terkecuali tentang termux. Disini Anda bisa  belajar secara perlahan-lahan dari dasar sampai pemahaman lebih lanjut.

Aplikasi termux ini sudah dikenal oleh kalangan tertentu. Tidak sembarangan untuk mengaplikasiannya, salah sedikit Anda akan memulainya dari awal. Apa itu termux? Makanya di artikel ini akan membahasa semua yang berhubungan dengan termux ini.

Pembahasan Aplikasi Termux Secara Lengkap

Selama Anda ingin mempunyai niat untuk belajar dari pemula sampai pro, makanya Anda memulai sebelum berubah pikiran. Apalagi kalau Anda di bagian teknologi seperti programmer sangat menguntungkan, yaitu:

Pengertian Termux

Pernah dengar salah satu pengertian dari apa itu termux? Jika Anda belum mengetahuinya, termux adalah aplikasi yang berhubungan dengan kinerja linux dan terminal emulator versi android tanpa adanya akses root maupun setup tambahan.

Disini, aplikasi termux bersifat plug and play untuk menjalankan berbagai hal advance menjadi mudah. Di dalamna mempunyai beberapa package sendiri dan mempunyai kegunaan masing-masing.

Cara Install Termux

Untuk menjalankan termux, kalian harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu, 
Caranya silahkan buka playstore kalian lalu ketik di kolom pencarian "Termux" 


Running dnsdb_query.py Under termux on Android

Lalu install aplikasi seperti biasa.

Fungsi Termux

Dari segi fungsinya, yang banyak untuk termux sendiri. Dimulai dari mendapatkan penggunaan sebagai SSH Client, menjalankan perl dan python, pengaplikasian sebagai aplikasi editor dalam basis terminal dan lain-lain.

Selain itu, fungsi termux lainnya dibutuhkan. Makanya fungsi termux ini menjadikan Anda lebih mengenal dari aplikasi termux yang keren ini.

Cara Kerja Termux

Untuk bagian cara pengerjaannya, bisa terbagi-bagi bagian yang mau Anda pelajari terlebih dahulu. Untuk pertama kalinya dalam cara kerja termux, Anda akan mencari aplikasi termux di playstore terlebih dahulu.

Termux bisa diinstal dalam memori internal sehingga untuk eksternal tidak bisa disimpan, memindahkan atau menduplikat aplikasi tersebut. Ketika Anda selesai menginstal aplikasinya lalu mendapatkan permission dari android maka Anda tinggal mengikutinya sampai tuntas.

Kategori distro linux yang dijalankan oleh sistem cara kerja termuxnya bisa Anda install seperti Arch linux, Ubuntu. Fedora, Blackarch linux, Kali linux dan masih banyak lagi jika Anda membutuhkannya.

Kalau perintah dasar linux untuk pemakaian termux sangat beragam dan memakai simbol. Simbol-simbol untuk perintah dasarnya sebagai berikut:

    1.    cd.

cd ini dari singkatan change directory (membuka folder).

    2.    su.

singkatan dari super user, fungsinya mengaktifkan dalam mode root dan ditandai dua simbol yaitu $ dan #. Simbol $ berguna untuk user biasa dan # untuk super user.

    3.    top.

Kinerja nya menampilkan semua proses sedang berjalan.

    4.    df.

Untuk ini, singkatannya disk free yang menampilkan ruang kosong dalam disk.

    5.    exit.

Ini sudah Anda tahu. Seperti biasa, exit untuk perintah keluar jika root nya mengubah Anda menjadi user biasa.

    6.    tar.

Dalam membuat file yang sudah dikompres seperti winrar, zip, dan lain-lain.

    7.    uptime.

Sangat berguna untuk menampilkan jumlah rentang.

    8.    cp.

Untuk menggunakan copy file.

    9.    rm.

Singkatan remove yang artinya menghapus file.

    10. cat.

Ini bukan yang Anda pikirkan secara sederhana. Cat di dalam linux ini berarti menampilkan file.

    11. mv.

Jangan kebaperan jika Anda termasuk fans sesuatu. Tapi mv ini memindahkan sebuah file (move).

    12. pm.

pm ini berfungsi mengecek hak akses suatu file saat Anda masuk ke aplikasi.

    13. Is.

Is ini untuk penampilan isi folder tertentu.

    14. pm install.

Untuk memerintah dalam pemasangan sebuah aplikasi.

Bagi para programmer, pemanfaatan dari aplikasi termux ini untuk mengembangkan dan menguji perangkat lunak serta masih banyak lagi. Untuk kelebihannya, terdapat kustomable, aman, fitur include yang lengkap, tinkerable, scale up, explorable dan battery included.

Untuk kustomable, Anda bissa menyesuaikan kustom untuk kebutuhan Anda saat menginstal paket dari package tertentu. Kalau explorable sangat dimudahkan sehingga bisa mengesperimen sendiri. Kenapa bisa scale up? sudah ada konsol seperti ruby, perl dan node.js yang baru.

Kategori tinkerable, Anda akan menyambungkan keyboard secara Bluetooth, pengaturan mouse dan terkait perangkat dengan layar eksternal tersebut. akses nya pun aman untuk server jarak jauh. Terakhir, banyak fitur tamnbahan untuk menyimpan kontak server jarak jauh.

Setelah mengetahui tentang termux, banyak orang menggunakan aplikasi ini untuk kegiatan menghacking. Akan tetapi Anda juga belajar tutorial website dalam belajar termux. Misalnya saja web medum, youtube, termux.id dan lain-lain.

Pembahasan berikutnya macam-macam package yang wajib untuk termux. Dimulai dari Tree, Unrar, NeoVim, AG, dan Aria2C. setiap package mempunyai fungsi yang berbeda-beda sebagai berikut:

    1.    Aria2C

Pack yang berfungsi untuk meletakkan fila ke tempat yang diinginkan oleh Anda.

    2.    AG

AG ini untuk mencari file atau frasa dalam file tersebut.

    3.    NeoVim

Berfungsi untuk editor file. Kelebihan ini mudah digunakan sekaligus simple banget untuk Anda. Contohnya nano, vi dan vim.

    4.    Unrar

Anda sudah tidak asing untuk kata istilah ini secara umum. Fungsinya mengestrak file dengan bentuk archive.

    5.    Tree

Tree ini berfungsi menemukan file dalam penyimpanan android. Ini sangat memudahkan Anda untuk mencari file sangat cepat.

Manajemen Paket Dalam Aplikasi Termux

Aplikasi termus mempunyai tiga manager utama yaitu dpkg, apt dan pkg. dimulai dari manager paket dpkg untuk menginstallnya di file .deb : dpkg – i ./file_paket.deb. untuk menjalankan informasi selanjutnya tinggal jalankan perintah man dpkg atau dpkg - - help.

Kemudian, manager apt setelah diinstall paketnya terdapat apt remove, apt show, apt auremove, apt list dan apt search. Lalu Anda memakai manager paket pkg yang direkomendasikan karena lebih mudah dan ringkas. Ketiga manager ini juga membantu Anda dalam pengopresian aplikasi termox tersebut.

Shortcut Dalam Termux

Berikut ini kumpulan shortcut termux. Anda bisa menggunakan tombol Ctrl nya, Diantaranya:

1.    Ctrl + L berfungsi membersihkan di dalam terminal.

2.    Ctrl + A berfungsi pemindahan kursor ke depannya.

3.    Ctrl + K berfungsi penghapusan teks dari kursor ke sebelah kanan.

4.    Ctrl + C berfungsi menghenti proses aktif setelah berjalan.

5.    Ctrl + E berfungsi pemindahan kursor ke belakang.

6.    Ctrl + D berfungsi mengerluarkan di dalam terminal.

Cara Membackup Dan Restore Dalam Aplikasi Termux

Backup sangat diperlukan untuk kondisi Anda. Untuk memindahkan data ke perangkat lain jika sudah mendesak. Pertama kali, Anda masuk ke bagian folder termux lalu mengetik cd/data/data/com.termux/files dan memulai backup ke /sdcard/termus-backup.tar.gz dengan menggunakan tar.

tar –zcvf / sdcard/termus-backup.tar.gz.home

Kemudian, restorenya salin busybox untuk mengestrak file dengan mengetik cp ./usr/bin/busybox ./tar.

Demikian artikel mengenai aplikasi termux dimulai dari apa itu termux, fungsi termux, cara kerja termux dan lain-lain secara lengkap. Pembahasan ini untuk Anda yang mau belajar secara serius dari awal sampai akhir. Semoga bermanfaat bagi Anda.

 

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim