Mengapa Perkembangan Smartphone Begitu Cepat Dalam Waktu Singkat?

Dalam kurun waktu yang singkat kecanggihan smartphone mengalami perubahan yang sangat drastis dan tidak bisa di bendung, bahkan jika kita mengikuti trendnya kita akan kewalahan karena bisa jadi kita tiap bulan ganti hp wkwkwk 😬😬.  Dari yang dulu Hp hanya bisa sms dan telfon lalu berkembang dengan adanya fitur multimedia seperti kamera dan pemutar musik, hingga saat ini smartphone yang sudah tidak bisa lepas dari tangan kita. Memang perkembangan teknologi ini sangat membantu kita dalam kegiatan sehari-hari, namum dengan kecanggihanya kadang kita dibuat malas oleh simungil smartphone ini, hidup kita yang sudah ketergantungan dan kadamg lupa waktu dan melakukan hal yang sia-sia dengan smartphone kita. 

Oke sekarang kita kembali ke topik, Mengapa sih perkembangan smartphone sangat cepat? 

Mungkin berikut beberapa alasanya

1. Perkembangan teknologi pendukung

Yang dimaksud teknologi pendukung yaitu seperti chipset perangkat keras, dll. Smartphone tentunya tidak akan bisa bekerja dengan maksimal tanpa adanya teknogi pendukung yang memadahi, seperti kebanyakan produk sekarang yang lebih memilih menggunakan chipset snapdragon/mediarek, dengan chipset yang semakin canggih sehingga perusahaan smartphone juga bisa lebih mengembangkan produknya karena yang sebelumnya tidak bisa dilakukan jadi bisa dilakukan karena teknologi pendukung tadi. 

Memang perkembangan teknologi sangat mempengaruhi smartphone pasalnya misalkan perusahaan jaringan tidak mengembangkan jaringan ke 5G maka smartphone pun juga tidak akan menaruh fitur 5G di produknya karena dianggap sia-sia mengeluarlan fitur yang tidak bisa digunakan

Contoh lain misalkan kamera ,kamera smartphone sekarang semakin canggih dan kualitasnya pun juga sudah sangat bagus itu semua tidak lepas dari perusahaan yang terus mengembangkan lensa kamera khusus untuk smartphone.

Intinya semakin canggih teknologi pendukungnya semakin canggih juga smartphonenya 

2. Perkembangan SDM

Semakin kesini tentunya orang-orang yang ahli dalam bidang ini juga akan semakin banyak, dengan begitu maka terciptalah ide-ide dan kekreatifan dari masing-masing kepala. Dan sisanya tinggal dikembangkan.

Tidak dipungkiri minat untuk mempelajaro dunia IT menjadi primadona bagi sebagian besar orang. Walaupun memperlajarinya tidak mudah dan perlu pemahaman tinggi. Oleh karena itu gaji rata-rata Bidang IT mahal 

3. Persaingan antar perusahaan

Smartphone sekarang bukan hanya satu produk saja yang terkenal dan punya kualitas, tidak seperti jaman nokia yang orang-orang kalau beli hp ya nokia pokoknya nokia. Semenjak jatuhnya nokia dan android mulai populer sangat banyak perusahaan-perusahaan startup yang bermunculan seperti xiaomi, oppo, vivo yang kebanyalan dari tanah tiongkok. Karena persaingan itulah perusahaan berlomba-lomba menciptakan inovasi baru untuk produknya untuk bersaing dengan perusahaan.

Dari tahun ketahun memang selalu bermunculan produk produk baru yang dibarengin juga dengan fitur barunya yang semakin canggih. 

4. Kebutuhan konsumen 

Perusahaan juga melihat kebutuhan konsumen akan smartphone, sehingga perusahaan berusaha menciptakan sebuah fitur si smartphone nya yang kira-kira nanti bisa memikat target pasarnya. 

Selain itu bug" yang ditemukan dan rujukan-rujukan referensi dari konsumen menjadi acuan penting bagi perusahaan dalam mengembangkan produknya.

5. OS yang open source

OS Open source artinya siapapun bebas mengembangkan dan mengoprek OS ini. Kita ambil salah satu contoh os yang open source dan yang paling populer adalah android.

Android adalah OS berbasis linux milik google yang khusus digunakan untuk ponsel layar sentuh dan komputer / tablet. Dengan hadirnya Os ini yang dikenal semua kalangan maka mudah bagi perusahaan untuk memasarkan produk smartphone androidnya bertengger di pasaran tergantung bagaimana perusahaan mengoptimalkan smartphone dengan androidnya


Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim