Kesalahan Terbesar Nokia Sehinga Membuatnya Bangkrut Dan Sulit Menguasai Pasar Kembali



Pada era tahun 2000 hingga 2010 pasar handphone di dunia ini sebagian besar dikuasai oleh Nokia. Perusahaan asal finlandia ini memang benar-benar pelopor dan inovator pada waktu itu. Namun sayang seiring waktu berjalan Nokia sudah tidak mampu bersaing dan bertengger di pasaran. Walaupun begitu, sampai saat ini Nokia masih tetap berusaha untuk mengembalikan namanya seperti sedia kala yang dikenal oleh semua orang dan selalu menjadi pilihan utama dalam smartphone. Lalu kenapa Nokia bisa bangkrut dan tidak bisa bersaing sampai saat ini, dan kenapa  Nokia sampai saat ini masih berproduksi walaupun Nokia sudah bukan menjadi prioritas lagi?  Mari kita bahas bersama disini.



SEJARAH  DAN LATAR BELAKANG

Sebelum kita melangkah di era kebangkrutan Nokia, sebaiknya kita melihat dulu ke belakang bagaimana Nokia berdiri, hingga menguasai dunia. 

Jauh sebelum Nokia berkecimpung di dunia telekomunikasi, dulunya Nokia adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kertas dan bubur kertas pada tahun 1865 yang di dirikan oleh Fredik Idestam. Nama Nokia sendiri diambil dari kota dimana pabrik kertas keduanya didirikan, kota Nokia tepatnya 15 km dari kota Tampere, tepi Sungai Nokianvirta Finlandia. Hingga pada tahun 1950-an  Chief Executive Officer (CEO) Bjorn Westerlund memprediksikan, bahwa di masa mendatang pertumbuhan Industri di sektor bubur kayu dan kertas akan terbatas dan akan digantikan dengan divisi elektronik. Dari sinilah cikal bakal Nokia memasuki dunia telekomunikasi dan seluler. kurang lebih selama 15 tahun Nokia mengalami masa-masa jatuh bangun dimana trial and error terus dilakukan. Namun dengan semua kesalahannya Nokia tidak menyerah dan selalu belajar dari kesalahan, dan dari situ Nokia membangun keterampilan yang subtansial dan mendapatkan ahli yang berbakat. Hingga pada akhirnya pada tahun 1970-an pabrik pembuat televisi Salora bergabung untuk mengembangkan telepon genggam. 

Lalu pada tahun 1981, Nokia meluncurkan layanan Nordic Mobile Telephone (NMT). NMT merupakan jaringan Yang mencakup negara-negara Nordik saja, lalu terus berkembang hingga memungkinan untuk layanan roaming internasional. Dengan hadirnya NMT perkembangan telepon seluler semakin pesat. Nokia yang waktu itu juga mengenalkan perangkat barunya yaitu The Mobira 450 sebuah telepon mobil yang di produksi pada tahun1982, lalu diikuti oleh portabel pada tahun 1986. 

Namun pada tahun 1990-an Nokia mengalami krisis, sehingga Jorma Ollila CEO baru di perusahaan memutuskan untuk fokus pada telepon dan jaringan seluler. Akhirnya pada tahun 1991 Nokia berhasil menciptakan sebuah inovasi baru yaitu teleon GSM pertama kali di dunia yang diluncurkan di Finlandia pada tahun 1991. Lalu pasar telepon seluler global berkembang pesat. Hal itu membuat nama Nokia semakin dikenal oleh dunia.


MASA KEJAYAAN NOKIA

Setelah nokia berhasil meluncurkan produk GSM pertama, dan bersaing di pasar global Nokia berhasil mencuri hati di masyarakat. pada tahun 1994, 500 ribu unit lebih berhasil dijual di 130 Negara dan menyerap tenaga kerja sebanyak 54 ribu orang. Lalu semakin berkembang hingga pada akhirnya hampir seluruh masyarkat di Dunia menggunakan produk Nokia untuk perangkat selulernya. 

Lalu pada tahun 1998 muncul ponsel dengan layar berwarna pertama di dunia yaitu siemens s10. Melihat hal itu Nokia tidak mau kalah dengan meluncurkan produk Nokia 9210 Communicator layar berwarna dengan LCD beresolusi 640x200 pixel yang membuat Hp ini menjadi Hp sultan kala itu. Bukan hanya itu produksi Nokia 9210 pun cukup panjang yaitu sekitar 5 tahun bebarengan dengan produksinya Hp game pertama yaitu Nokia N-gage hingga 2005 Nokia merilis penggantinya yaitu Nokia 9500 Communicator dan Nokia 9300. Tak tanggung-tanggung Nokia mendapatkan laba penjualan yang fantastis yaitu sekitar 4 miliar dolar.

Nokia 1100 bisa dibilang Hp dengan penjualan terbanyak sepanjang masa,Salah satu ponsel yang paling larisjuga  adalah Nokia 3310. selain harganya yang ekonomis namun juga dengan ketangguhan dan daya tahan battery yang terbilang awet kala itu. Saya sendiripun juga pernah merasakan HP nya yang memang terbukti sangat nyaman dan mudah dioperasikan. 

Untuk bersaing dengan kompetitornya Nokia terus mengembangkan produknya dan OS Symbianya. Dan benar dengan produk barunya Nokia Seri N dan Seri E lagi-lagi Nokia berhasil membuat produknya bertengger di pasar global dan produknya semakin dicintai.


JATUHNYA NOKIA

Pada sekitar tahun 2007 Apple mulai muncul dan disusul oleh OS baru yaitu android, pada era ini persaingan Hp menjadi sangat sengit dimana selalu ada Inovasi dan fitur baru yang disediakan oleh masing-masing merk. Sebut saja Iphone dengan sirinya dan pelopor Hp layar sentuh lalu android yang open source. Melihat hal itu nokiapun juga mulai memberi nuansa baru pada produknya seperti Nokia 5800 xpres music yang menawarkan fitur untuk mendengarkan musik yang nyaman dan juga layar sentuh.

Namun ternyata usahanya tidak begitu berhasil dan penjualan Nokia semakin menurun . Namun Nokia terus berupaya untuk memperbaiki produknya sebut saja seperti Nokia X6 yang bisa membuat Nokia sedikit bernafas. Namun dilain sisi produk lain juga melejit dan muncu juga pesaing baru seperti blackberry yang sangat booming waktu itu. Ini membuat nama nokia semakin teggelam. 

Hingga pada tahun 2012 akhirnya Nokia memutuskan untuk memproduksi Nokia 808 dengan kamera 41MP yang sekaligus ini menjadi Handphone symbian terakhir.  setelah itu Nokia mengalami penurunan penjualan yang sangat drastis bahkan keuntunganya pun tidak mencukupi untuk membayar karyawan dan biaya produksi dan akhirnya mengalami kebangkrutan. Dan menutup hampir seluruh pabrik dan kantornya di negara lain

Akhirnya pada tahun 2013 tepatnya pada tanggal 3 September, Perusahaan raksasa microsoft mengakuisisi Nokia dengan membeli seluruh aset dan lisensinya dengan total 7,2 miliar dollar AS atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 79 triliun. dengan begitu Nokia sudah resmi menjadi microsoft.

Setelah dimiliki oleh microsoft, mereka meluncurkan Windows Phone yang lagi-lagi juga gagal bersaing dan malah membuat microsoft rugi. Hingga akhirnya pada tahun 2016 Nokia dimiliki oleh HMD Global bersam FIH mobile hingga tahun 2026 nanti.

Setelah berpindah tangan dari microsoft akhirya Nokia menggunakan Android untuk sistem operasinya. Hingga sekarang Nokia masih terus memunculkan produk produknya bahkan nokia meremake Nokia 3310 yang jadul dengan konsep modern yang sudah 4G dan bisa digunakan untuk sosmed dan multimedia. Dan pada awal tahun lalu Nokia merilis Smartphone high-end pertamanya yaitu Nokia 9 pureview. dengan dikeluarkannya berbagai macam model Nokia, mereka berharap akan kembalinya masyarakat mengenkan Nokia sebagai perangkat utamanya. Walaupun saat ini Nokia masih kurang diminati. Beberapa penyebabnya mungkin karena Nokia yang belum bisa menekan harga, lalu pengalaman Nokia di bidang android masih belum cukup untuk menyaingi pasar smartphone.



Setelah membaca uraian diatas mari kita bahas bersama mengapa Nokia perusahaan sebesar itu yang produknya sudah dikenal oleh dunia bisa bangkrut 

KESALAHAN-KESALAHAN YANG DILAKUKAN NOKIA

"We didn't do anything wrong. but somehow, we lost"
Kami tidak melakukan kesalahan, tapi entah bagaimana kami kalah begitulah ucapan Stephen Elop, CEO Nokia pada saat pidato terakhirnya sebelum Nokia diakuisisi oleh microsoft. 

Oke sekarang mari kita rincikan rentetan kejadian Nokia dengan singkat berdasarkan uraian diatas

  • 1865          : Nokia merupakan perusahaan kayu dan kertas
  • 1950          : Nokia memasuki Industri telekomunikasi
  • 1981          : Nokia meluncurkan NMT pertama
  • 1990          : Nokia mengalami krisis
  • 1991          : Nokia meluncurkan Telepon Seluler GSM pertama
  • 1994-2007: Nokia menguasai pasar Handphone di dunia dengan laba yang fantastis
  • 2007          : Penjualan Nokia mengalami penurunan
  • 2012          : Symbian terakhir Nokia
  • 2013          : Nokia bangkrut dan diakuisisi microsoft
  • 2016          : Nokia berpindah tangan dari microsoft dan mulai menggunakan Android
Apa yang terjadi di tahun 2007 hingga tahun 2012? Kenapa Nokia tidak bisa bersaing ? 


Munculnya Iphone dan Android dan di susul oleh Blackberry


Bisa dibilang munculnya iphone dan android merupakan musuh terbesar Nokia. Nokia yang saat itu masih menggunakan OS Symbian yang terkesan jadul tiba-tiba muncul Inovasi Smartphone baru Iphone dan Android yang lebih interaktif dan menarik. Selain itu Android yang open source memudahkan bagi perusahaan Smartphone seperti samsung mudah untuk mengembangkanya sehingga kala itu Android bisa bersaing dengan apple, apalagi kemunculan blackberry dan tentu saja Nokia semakin tertinggal.

Nokia Terlalu Idealis dan Arogan 

Melihat Kejadian itu Nokia tetap mempertahankan dan terlalu nyaman Symbian OS, mereka menganggap bahwa Apple dan Android tidak akan bertahan lama dan Nokia akan kembali menguasai pasar. Namun pada kenyataanya Nokia dengan Symbian OS nya tidak mengalami perubahan yang signifikan dan terkesan kaku jika dibandingkan dengan IOS dan Android yang lebih responsive. Akibatnya pengguna Symbian pun perlahan beralih ke IOS, Android, dan Blackberry

Telat Berinovasi

Walaupun sudah melihat penjualan yang merosot  sejak 2007 retmun perubahan Nokia yang benar-benar signifkan ada pada tahun 2010-2012, namun sayangnya itu sudah terlambat, para konsumen sudah merasakan kenyamanannya tanpa Nokia dan hal itu membuat Nokia tidak menjadi prioritas

Kurangnya Developer Aplikasi 

Melihat penggunaan Nokia dan symbian yang semakin menurun tentu saja developer aplikasi mempertimbangkan apakah mereka juga akan membuat aplikasi yang suport dengan symbian?
Jika mereka menciptakan aplikasi yang suport untuk symbian OS itu hanya akan membuang waktu dan memakan biaya saja. Tentu hal ini membuat Nokia jadi kekuragan aplikasi yang populer kala itu.

Faktor Internal Perusahaan

Beberapa pakar menyebutkan bahwa kehancuran Nokia tidak hanya dari faktor eksternal saja namun juga ada faktor internal yang menyebabkan kehancuran Nokia.  Nokia yang pada waktu itu notabenenya adalah market leader yang secara tiba-tiba turun drastis begitu saja menyebabkan beberapa kekacauan didalam perusahaan. Akibatnya munculah atmosfir ketakutan di seluruh organisasi perusahaan, ketakutan tersebut menyebabkan terbentuknya sifat tempramental terhadap para manager dan pemimpin. Sehingga keterbukaan antara bawahan dan atasan pun menjadi terbatasi. para bawahan tahu bahwa Nokia sudah terlalu jauh ketinggalan namun mereka takut akan atasan yang tempramental dan Arogan. Manager level atas kala itu dinilai tidak memiliki kompetensi yang cukup untuk menilai keterbatasan teknologi mereka. Maka dari itu Nokia pada saat itu tidak ingin mengalokasikan dananya untuk mencoba OS baru dan malah mengembangkan produk baru dengan Symbian OS nya yang tertinggal.


Nokia Masih Hidup

Jika kalian lihat sampai sekarang smartphone Nokia mash terus bermunculan entah itu model baru ataupun ponsel dengan gaya retro yang di remake. Berbeda dengan blackberry yang sekarang sudah hilang bak ditelan bumi. Alasan kenapa Nokia masih terus ada hingga sekarang adalah Nokia masih ada peluang dan produknya masih dikenal oleh semua orang baik anak muda dan kalangan orang tua. Disisi lain Nokia teryata juga masih ada konsumen setia atau Fansboy yang masih tetap ingin menggunakan Nokia. Bahkan tidak menutup kemungkinan di beberapa tahun kedepan Nokia akan meluncurkan produk yang akan menarik kembali masyarakat menggunakan Nokia.











 



Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim