Kemana Perginya Data Atau File yang Sudah di Hapus ?


Kemana Perginya Data Atau File yang Sudah di Hapus ?

Dalam suatu komputer atau smartphone manajemen File sangatlah penting, kita bisa menyimpan berbagai foto, video dan data lainya. Jika memori sudah penuh atau ada file yang perlu dihapus tinggal kita hapus. Biasanya dalam linux atau windows saat kita menghapus suatu file, akan ditaruh di recycle bin terlebih dahulu untuk menghindari jika kita tidak sengaja menghapus file yang penting. Jadi kita bisa mengembalikanya sebelum kita menghapus secara permanen dari recycle bin.

Namun apakah file yang kita hapus dari komputer atau smartphone benar-benar sudah hilang? walaupun kita sudah hapus dari recycle bin?
Pernahkah kalian mendengar file recovery? yaitu mengembalikan file-file yang sudah terhapus di media penyimpanan kita baik itu hardisk, memory card, ssd dan lainya. Bagaimana bisa file yang sudah terhapus bisa kita pulihkan kembali layaknya jurus edo tensei milik hokage ke 2 hehe. Tentu saja itu bisa dilakukan dan kenyataanya memang bisa. 

Jika kita bisa memulihkan data yang sudah terhapus, artinya file tersebut tidak benar-benar terhapus bukan?, lalu jika memang begitu kemanakah perginya file-file yang sudah terhapus? Mari kita bahas bersama-sama.

Oke sebelum lanjut sebaiknya kita memahami dulu bagaimana sih cara kerja memori penyimpanan.
Sebenarnya banyak sekali jenis penyimpanan elektronik ada Hardisk , ssd , sd card, flashdisk dan lainya.
Namun cara kerja mereka hampir sama dan yang jadi perbedaan mungkin di perantara hardwarenya saja

MENYIMPAN DATA

Apa yang kalian bayangkan saat kalian mendownload sebuah file atau memotret sebuah pemandangan ? Bagaimana file tersebut bisa tersimpan ke memori kalian ? 

Sebelum file tersebut masuk ke memori kalian, file tersebut merupakan file utuh lalu diubah ke dalam bentuk binner lalu setelah itu data akan tersimpan di sel sel memori kalian. Biasanya sebelum tersimpan ke memori utama file tersebut akan disimpan sementara di Random Acces Memory ( RAM ) untuk mempercepat penyimpanan atau pencarian data file. 

Ketika memori sudah berhasil menyimpan sebuah file maka memori akan otomatis membuat pointer dimana file tersebut berada agar lebih mudah dipahami anggap saja seperti membuat daftar isi di sebuah buku, jadi ketika kita akan menggunakan data tersebut maka sistem akan melihat daftar isi tersebut selanjutnya akan membuka tempat dimana data tersebut disimpan. Setelah itu data-data yang berbentuk binner tadi akan kembali di transfer ke komputer atau smartphone kalian dengan sedemikan rupa sehingga file tersebut bisa kita gunakan. 

MENGHAPUS DATA

Saat kalian menghapus sebuah file, sebenarnya file tersebut tidak kemana-mana dan tetap ada di memori kalian. Hanya saja file yang kalian hapus tidak ada lagi di pointer atau daftar isi tadi sehingga sistem tidak dapat menemukanya. File yang kalian hapus tadi akan tertimpa dengan file-file baru. Oleh karena itu jika kalian ingin menemukan file yang terhapus tadi bisa menggunakan aplikasi-aplikasi recovery. Tentu tidak selamanya file yang terhapus bisa dipulihkan seperti semula, kadang karena sudah tertimpa beberapa file, file yang terhapus tersebut akan corrupt atau rusak. Namun tidak menutup kemungkinan para pakar di bidang penyimpanan bisa mengembalikan file-file yang sudah corrupt tersebut. Para ahli menyebutkan, bahwa perlu 30-50 kali overwriting atau menimpa file yang terhapus tadi agar benar-benar rusak dan tidak bisa direcovery.

KESIMPULAN

Dengan membaca cara kerja memori diatas dapat kita simpulkan bahwa file atau data yang kita hapus tidak benar benar hilang dari memori melainkan hanya hilang dari pointernya saja. Tentu setelah kita mengetahui ini sebaiknya kita lebih berhati-hati jika kita ingin menjual hardisk, ssd atau media penyimpanan bahkan juga smartphone bekas kita  . Karena tidak menutup kemungkinan data pribadi kita yang sebelumnya ada disitu yang sudah kita hapus akan bisa direcovery lagi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu jika kalian ingin data kalian benar benar lenyap cara yang paling ampuh adalah dengan merusak media penyimpanan kalian.

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim