Data-Data Pribadi Dengan Mudahnya Dijual Di Dunia Maya


Kebocoran Data


Belakangan ini data-data pribadi dengan mudahnya dijual di dunia maya. Pembocoran data ini bukan saja ulah dari hacker, namun platform sosmed bahkan ecomerce pun juga menjual data usernya ke darkweb.

Bukan karena apa, memang data itu sangat mahal harganya untuk data skala kecil antara 350 ribu-3 juta. 
Bayangkan jika ada jutaan data yang dijual sudah pasti mereka akan mendapatkan keuntungan yang fantastis.

Pembeli data biasanya menggunakanya untuk survei/kepentingan bisnis mereka. Eits tapi bukan hanya itu kadang ada juga yang membeli data untuk keperluan cybercrime dimana mereka bisa saja membobol akun kita, atau bahkan bisa terjadi aksi terorisme. Semuanya bisa terjadi karena data yang bocor bukan hanya nama, umur saja, tapi kata sandi, sampai alamat pun juga terkadang ikut dijual.

Kasus Kebocoran Data


Di Indonesia sendiri kasus pembocoran data sudah sering terjadi contoh yang paling baru adalah beberapa kasus yang datang dari e-commerce Indonesia seperti  Tokopedia dan Bukalapak yang telah menjual 70 juta lebih data penggunanya ke darkweb. Kebocoran data dari platform Sosmed terkenal Facebook juga dikabarkan  telah tersebar.

Sampai saat ini pemerintah dinilai kurang reaktif terhadap cyber crime. Hal itu bisa dilihat dari UU Perlindungan Data Pribadi yang sampai sekarang belum juga disahkan
 

Bagaimana Cara Mengetahui Data Kita Bocor


Jika kalian penasaran apakah data kalian pernah bocor , kalian bisa melihatnya dengan cara berikut 

1. Firefox Monitor

Firefox monitor adalah salah satu situs yang bisa melihat apakah akun kita aman atau sudah tersebar.

-Caranya kalian masuk ke monitor.firefox.com 
-Lalu akan muncul tampilan awal berikut ini




























(Gambar dari firefox monitor)

- Masukan email kalian
- Lalu klik periksa pelanggaran data
- Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut




























(Gambar : Firefox Monitor)

Dari foto diatas bisa kita lihat jenis data apa yang bocor, tanggal kapan data kita bocor, dan dari mana data itu berasal. Menurut data diatas akun saya sendiri sudah ada 3 akun Platform yang bocor yaitu Appen, Wattpad dan Tokopedia .

2. Have i been pwned

Situs ini pun juga bisa memberi kalian informasi apakah data kalian pernah dicuri atau tidak. Kalian bisa masuk ke situsnya Disini . 

Lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini




























(Gambar : have i been pwned)


Selanjutnya kalian tinggal memasukan email kalian yang terdaftar dan klik pwned disamping kolom.

Selain dua situs tadi masih banyak situs lainya yang menawarkan jasa yang sama ada yang berbayar ada juga yang free.

Penanganan 


Jika akun kalian tersebar maka jangan panik lakukan beberapa cara berikut agar data kalian aman kembali

1. Ganti password 

Jika akun kalian bocor segeralah mengganti password lalu cek history transaksi/kegiatan di akun e-commerce atau sosmed kalian , jangan lupa cek saldo dompet e-money kalian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pembelian ghaib di e-commerce. Saya sarankan merubah password yang rumit dengan kombinasi huruf besar, kecil, angka dan tanda baca. Lalu setelah kalian berhasil merubah password, beri tambahan keamanan seperti verifikasi dua langkah.

2. Hapus akun

Jika kalian masih ragu jika akun kalian belum aman, kalian bisa menghubungi developer untuk menghapus akun kalian dan jika ingin menggunakan aplikasi yang sama silahkan buat akun yang sama dan terapkan langkah nomor satu tadi.


Pencegahan

Untuk mecegah data kita tidak mudah bocor lakukan beberapa tips berikut ini

1. Jangan Login ke sembarang situs

Sekarang banyak sekali tersebar web-web tidak jelas, dan bahkan phising yang bertebaran di internet jika memang kalian merasa curiga pada web tersebut dan merasa asing sebaiknya jangan lakukan.

2. Gunakan kata sandi yang kuat

Sekuat apapun kata sandi yang kita buat jika developer yang menjual data masuk kata sandi kita tetap saja itu percuma. Namun dengan kata sandi yang kuat para hacker akan kesulitan untuk menemukan celah kata sandi kita

3. Verifikasi 2 langkah

Ini wajib dan sangat berguna untuk keamanan di internet pasalnya orang lain tidak akan bisa masuk tanpa mendapatkan persetujuan dari perangkat yang sudah login sebelumnya. Jadi kalian bisa mengontrolnya. Jika kalian mengaktifkan ini lalu mendapatkan informasi upaya masuk dari perangkat lain lalu kalian merasa tidak melakukanya sebaiknya jangan izinkan, karena sudah di pastikan itu adalah pencurian data

4. Kontrol dengan Google 

Yaps Google merupakan platform yang paling aman hingga kini kalian bisa menyimpan informasi login kalian ke google, lalu masuk ke https://passwords.google.com/























Dari situ kalian bisa mengontrol siapa-siapa saja yang bisa masuk dan aktifkan notifikasinya maka jika ada perangkat masuk, kalian akan langsung mendapat notifikasi jika memang ada upaya masuk kalian bisa langsung merubah passwordnya dan mengamankan akun kembali.






















Selain itu kalian juga bisa melihat situs atau aplikasi apa saja yang rentan untuk di bobol, maka jangan lupa siapkan keamanan yang sudah dijelaskan seperti diatas tadi.






Intinya dunia internet memanglah sangat abstrak dan rentan sekali tindak kejahatan, jadi kita juga harus hati-hati dalam melakukan kegiatan di internet apalagi jika itu berhubungan dengan data pribadi kita bahkan uang kita. Tentu kita semua tidak mau data kita di persalah gunakan. Dengan menerapkan beberapa tips diatas mungkin itu akan membantu keamanan kita di intenet.


Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim