CARA MEMILIH RAM

 
















Didalam sebuah Komputer, RAM menjadi salah satu komponen yang paling penting. Karena dengan alat tersebut kinerja dari komputer sangat di tentukan sekali. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips kepada anda semua cara memilih ram dengan baik dan benar.

Ketika anda akan membeli sebuah RAM, maka anda akan menjumpi berbagai jenis ram di pasaran. Tentu saja jika anda tidak memahami masing masing fungsi ram tentu tidak akan memaksimalkan kinerja laptop kalian.

Jenis RAM yang masih laris dipasaran antara lain RAM DDR3, DDR 4 dan DDR 5. Selain dari jenis tersebut, masing masing ram memiliki kapasitas yang berbeda beda.

Anda akan menemui RAM yang memiliki kapasitas 2Gb bahkan hingga ada yang 64 GB. Oleh karena itu anda semua juga harus spesifikasi laptop atau komputer kalian jika inggin mengganti ram dengan kapasitas yang lebih besar.

Berkut ini saya akan mengulas bagaimana caranya memilih ram untuk laptop dengan benar, yuk simak artkel di bawah inI!

Cara Memilih Ram Laptop Yang Bagus

Ringkasan singkat diatas bisa membantu anda semua jika ingin membeli laptop dan juga mengganti ram laptop lama dengan yang baru. Oleh karena itu anda harus memperhatikan hal hal di bawah inI!

a.       Melihat Spesifikasi Motherboard dan Tipe pada RAM

Jangan sampai salah memilih RAM, anda harus mengetahu apa tipe dan spesifikasi Komputer atau laptop kalian terutama motherboard dan RAM.

Selain dari kemampuan motherboard yang harus kita ketahui, anda juga perlu memperhatikan channel di motherboard yang akan di pasang RAM. Jadi jika motherboard menggunakan dual channel maka anda juga harus membeli ram jumlah ganda.

b.      Memperhatikan Slot RAM

Di motherboard akan menyediakan beberapa slot  RAM tapi biasanya yang disediakannya yaitu 2 hingga 4 slot ram. Jadi anda harus memilih memeori dengan benar dan sesuai dengan slot di motherboard supaya RAM yang kamu beli tidak sia sia. Dan juga bisa memberikan speed yang lebih baik lagi untuk PC anda

c.       Mengenali Frekuensi RAM dan Tipe nya

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Kenali dahulu motherboardmu sebelum membeli RAM. Bisa saja RAM yang sudah anda beli tidak sesuai dengan kemampuan motherboard anda.

Supaya tidak sia – sia lakukan hal diatas. Jika anda bingung bagaimana melihat tipe dan frekuensi motherboard, anda bisa cek di spesifikasi Laptop anda. Atau anda juga bisa masuk di menu BIOS laptop anda.

d.      Memperhatikan OS yang di gunakan di Komputer anda.

Sebelum membeli RAM, cara memilih ram yang satu ini juga sangat penting untuk di perhatian. Jadi anda harus mengetahui apa sistem operasi yang berajalan di laptop anda.

Misalkan PC anda memiliki sistem operasi windows 10 64 bit, anda akan tetap bisa menggunakan ram yang 8GB.

e.      Melakukan Cek Nomor Seri RAM

Langkah memilih ram laptop yang terkhir adalah dengan mengetahui nomer seri pada RAM tersebut. Gunanya ketika anda ingin membeli ram lebih dari satu perhatikan DDR di RAM dan No serinya. Diusahakan harus sama supaya RAM bisa berjalan di PC anda.

Selain itu jika no seri tidak sama maka RAM juga tidak akan bisa terpasang di slot motherboard karena  memiliki ukuran yang berbeda.

Akhir Kata

Itulah Cara memilih RAM di PC atau Laptop yang benar, semoga dengan artikel ini anda tidak salah langkah ketika ingin membeli perangkat komputer yang satu ini. Jika kalian ingin menanyakan sesuatu bisa dituliskan di kolom komentar di bawah ini!

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim