6 Cara Menguatkan Sinyal WiFi Dengan Mudah Dijamin Berhasil

 

6 Cara Menguatkan Sinyal WiFi Dengan Mudah Dijamin Berhasil

Kini jaringan WiFi sudah tersedia di berbagai tempat. Seiring meningkatnya kebutuhan internet, maka semakin banyak pula orang yang menggunakan WiFi. Apabila jaringan lancar, maka koneksi yang diberikan juga lancar. Namun hal yang menjadi masalah adalah ketika WiFi sudah lemot. Lalu bagaimana cara menguatkan sinyal WiFi?

Terkadang jaringan WiFi tidak selancar yang diperkirakan. Adakalanya jaringan WiFi mulai melemah dan akhirnya sangat lemot ketika digunakan. Koneksi internet pun menjadi terganggu dan membuat pengguna menjadi kesal.

Cara Menguatkan Sinyal WiFi

Banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan sinyal WiFi dibandingkan dengan kuota. Hal ini dikarenakan penggunaan WiFi jauh lebih mudah dan praktis. Meskipun jauh lebih mudah dan praktis, namun tetap saja terdapat kendala.

Semakin banyak pengguna WiFi, maka semakin menipis pula jaringan yang bisa didapatkan. Hal ini membuat koneksi menjadi lebih lemot. Hal ini pastinya sudah dirasakan oleh banyak orang, terutama para pengguna WiFi. Berikut ini beberapa cara menguatkan sinyal WiFi.

1. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Salah satu cara praktis yang bisa digunakan untuk menguatkan sinyal WiFi adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal WiFi. Aplikasi seperti ini bisa ditemukan di Google Play Store atau App Store. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka sinyal WiFi akan lebih kuat meski banyak orang yang menggunakannya.

2. Melindungi WiFi

Cara menguatkan sinyal WiFi yang selanjutnya adalah dengan melindunginya. Sebab, sinyal WiFi yang lemot bisa disebabkan karena adanya penyusupan. Cara yang bisa digunakan adalah dengan mengganti password atau mengganti SSID. Pastikan bahwa sandi yang digunakan adalah sandi yang tidak mudah untuk ditebak. Dengan begitu, sinyal WiFi tidak akan mudah disusup.

3. Menjauhkan Dari Perangkat Lain

Banyaknya perangkat yang ada di sekitar jaringan WiFi ternyata mempengaruhi kecepatan sinyal. Tanpa disadari hal ini terjadi dan membuat WiFi menjadi lemot. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menjauhkan dari perangkat yang lain.

Beberapa perangkat yang mungkin mengganggu kelancaran sinyal adalah microwave, telepon wireless, dan yang lainnya. Anda bisa memindahkan beberapa perangkat tersebut agak menjauh dari router WiFi. Dengan begitu, sinyal WiFi akan kembali normal dan lancar.

4. Mengubah Posisi Router WiFi

Mengubah posisi router WiFi merupakan cara menguatkan sinyal WiFi. Cara yang satu ini bisa dijadikan sebagai solusi. Sehingga anda tidak perlu khawatir ketika sinyal WiFi yang ada di rumah sangat lemot.

Apabila anda salah dalam meletakkan router WiFi, maka kinerja WiFi juga akan melambat. Tak heran jika koneksi sinyal yang diberikan juga sangat lemot. Anda bisa meletakkan router WiFi di beberapa tempat. Diantaranya adalah langit-langit rumah, meja, hingga dinding. Anda juga bisa memposisikan antena router pada ruang tengah.

5. Mengubah Frekuensi

Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah mengubah frekuensi. Jenis smartphone yang terhubung dengan WiFi juga mempengaruhi kekuatan sinyal. Cara yang bisa digunakan adalah dengan mengubah frekuensi sinyal tersebut. Untuk frekuensi yang lama masih menggunakan 2.4 GHz.

Namun anda bisa mengubahnya menjadi frekuensi 5 GHz. Frekuensi ini banyak dipilih karena memiliki ruang kosong yang luas sehingga tidak membuat sinyal WiFi menjadi tumpang tindih. Cara mengganti frekuensi bisa dilakukan dengan mudah yakni memilih menu Pengaturan, lalu WiFi. Kemudian pilih Advance Settings, dilanjutkan WiFi frequency brand.

6. Mewaspadai Penggunaan Case Handphone

Cara memperkuat sinyal WiFi yang selanjutnya adalah mengecek kondisi case hp. Perlu diketahui bahwa case yang digunakan pada hp sangat berpengaruh pada koneksi WiFi. Terlebih lagi jika case yang anda gunakan terbuat dari logam. Anda harus mencoba mengecek sinyal WiFi ketika menggunakan case atau tidak.

Beberapa cara diatas bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan sinyal WiFi. Cara menguatkan sinyal WiFi diatas juga mudah untuk dilakukan. Anda bisa mencoba salah satu cara diatas agar sinyal WiFi tidak lemot.

 

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim