Belajar Pemrograman Ruby Bagian 1, Apakah itu Pemrograman Ruby?


Ruby merupakan sebuah bahasa yang seimbang. Pencipta Ruby, Yukihiro “Matz” Matsumoto, menggabungkan bagian-bagian dari bahasa-bahasa favorit beliau (Perl, Smalltalk, Eiffel, Ada dan Lisp) untuk membentuk sebuah bahasa baru yang seimbang antara pemrograman fungsional dengan pemrograman imperatif.

Matz sering menyebutkan bahwa beliau sedang “mencoba membuat Ruby natural, bukan sederhana,” dengan cara membuatnya mirip dengan kehidupan nyata.

Berprinsip pada hal ini, Matz menambahkan:Penampilan Ruby dari luar sederhana, tetapi sangat rumit di bagian dalam, seperti badan manusia kita ini.

Ruby adalah bahasa pemrograman yang bersifat Open Source,  mudah digunakan dan bisa sangat fleksibel yang mana bagus untuk programmer pemula.

Ruby mendukung beberapa paradigma pemrograman, termasuk pemrograman prosedural, Pemrograman berorientasi objek, dan fungsional. Menurut Matsumoto, Ruby dipengaruhi oleh Perl, Smalltalk, Eiffel, Ada, Basic, dan Lisp

Ada banyak platform yang dibangun dengan menggunakan bahasa Ruby seperti Hulu, Groupon, Airbnb, dan bahkan Twitter. Hal ini tentunya disebabkan karena kelebihan bahasa pemrograman Ruby tersebut.

Di Ruby, semua adalah sebuah objek. Setiap informasi dan kode bisa diberi property dan action. Pemrograman berorientasi objek memanggil property dengan nama variabel instan dan action, yang disebut sebagai metode. Pendekatan murni berorientasi objek terutama terlihat pada demonstrasi sedikit kode yang diberikan pada sebuah number.

Ruby juga dianggap sebagai sebuah bahasa yang fleksibel, karena bagian-bagian dari Ruby bisa diubah-ubah dengan bebas. Bagian-bagian penting di Ruby bisa dihapus maupun didefinisikan ulang. Bagian-bagian yang sudah ada bisa ditambahkan. Ruby mencoba untuk tidak membatasi programmer.

Misalnya, penambahan dilakukan dengan operator plus (+). Tetapi, jika Anda ingin menggunakan kata plus yang lebih mudah dibaca, maka Anda dapat menambahkan metode tersebut pada kelas builtin Numeric.

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim