Teknologi Terbaru Pendeteksi Covid-19

Memanfaatkan Teknologi Terbaru Pendeteksi Covid-19


Tahun 2020 ini dihiasi dengan berita berita virus COVID19. Berawal dari akhir tahun 2019 sampai sekarang virus ini masih menyebar dan banyak orang terkena virus ini. Virus ini sudah tersebar hingga ke seluruh dunia. Ekonomi,Pendidikan dan lainnya terganggu karena virus ini tak terkecuali Negara Indonesia.

Indonesia juga sangat terkena dampak dari virus covid19 ini. Indonesia yang merupakan negara berpenghasilan sebagian besar dibidang pariwisata harus menutup akses pariwisata karena virus covid19. Banyak lagi tindakan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus covid19 ini. Diantaranya melakukan PSBB dibeberapa wilayah Indonesia.

Pemberlakuan PSBB ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus covid19 dibeberapa daerah Indonesia yang sudah termasuk zona merah. Jawa Timur dan Jakarta merupakan provinsi yang banyak memiliki pasien positif covid19. Namun Baru baru ini PSBB sudah tidak diberlakukan lagi dan diganti dengan kehidupan New Normal.

Banyak alasan mengapa PSBB sudah tidak diberlakukan lagi, salah satunya adalah agar perekonomian wilayah yang terkena PSBB berjalan lancar kembali sehingga perekonomian di Indonesia tidak turun. Lalu apakah tindakan pemerintah ini benar ? terlepas dari benar atau tidaknya, sebenarnya pemerintah sendiri sudah banyak mengambil tindakan untuk mencegah virus ini.

Salah satu contohnya di daerah Surabaya, bahwa pemerintah daerah melakukan rapid tes kepada masyarakat setiap harinya, pembagian handsanitizer gratis dan lainnya. Berakhirnya PSBB membuat mal mal dan pasar kembali dibuka pertanggal 15 Juni. Dibukanya mal mal dan pasar kembali berharap dapat menstimulus perekonomian Indonesia di masa pandemic seperti ini namun tetap orang orang yang beraktivitas diluar menerapkan protokol kesehatan.

Diantaranya protokol kesehatan seperti penggunaan masker, membawa handsanitizer dan menjaga jarak. Bahkan beberapa mall dijakarta pun membatasi pengunjungnya hingga 50% dari fasilitas yang ada. Teknologi baru yang diterapkan di beberapa mall di Indonesia juga membantu mencegah virus covid19 ini.

Salah satunya adalah Touchless Experiences dengan sensor button hal ini memungkinkan pengunjung mall tidak perlu bersentuhan fisik saat menyentuh tombol lift cukup dengan meletakkan telapak tangan diatas sensor dengan jarak 10cm dan tombol lift akan aktif untuk naik ataupun turun. Diharapkan teknologi baru ini akan meminimalisir sentuhan fisik dari pengunjung mall sehingga sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah virus covid19.

Selain Touch Experiences ada juga hikvision thermal yang digunakan untuk pendeteksi tubuh. Hikvision thermal ini mengecek suhu tubuh tanpa harus menggunakan termometer melainkan menggunakan kamera termografi. Thermal scanner camera ini memiliki banyak kelebihan salah satunya adalah bisa melakukan pengecekan suhu tubuh dengan cakupan luas dan mampu menampilkan suhu di setiap bagian tubuh manusia.

 

Kelebihan lainnya ada;ah hikvisional thermal bisa memvisualisaikan secara lagsung bispectrum sehingag dapat menyediakan pengukuran suhu serta pengawasan dasar secara bersamaan. Hikvisional thermal juga dapat memberikan alarm ketika ada seseorang yang memiliki suhu lebih tinggi dari suhu normal manusia.

Teknologi canggih ini membuat pemindaian suhu dapat dilakukan dengan lebih cepat. Karena hikvisional thermal ini bisa dipasang di pintu masuk yang memiliki lalu lintas pengunjung mall yang ramai sehingga tidak akan membuat antrean panjang saat pemeriksaan suhu tubuh. Hikvisional juga dilengkapi teknologi koneksi nirkabel sehingga sangat udah terhubung dengan kamera genggam termografi.

Walaupun memiliki teknologi yang canggih dan sudah menerapkan protokol kesehatan. Lebih baik kita tetap dirumah saja jika tidak ada keperluan yang mendesak. Karena melihat di Indonesia sendiri masih banyak orang tanpa gejala yang positif covid19. Tetap menggunakan masker jika berpergian, jangan lupa membawa hand sanitizer dan berpola hidup sehat.

 

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim