Laptop Gaming Murah Gadget 2020



Semenjak era 2000-an, dunia PC game bisa dikatakan mengalami perkembangan yang pesat. Kalau dihitung mungkin  jumlah game yang muncul sudah mencapai puluhan ribu keping di seluruh belahan dunia. Untuk memainkan game tersebut tentu diperlukan laptop yang canggih dengan spesifikasi yang mumpuni tentunya agar dapat memainkan game secara maksimal.

Dalam  menentukan laptop-laptop yang baik tentu bukan hanya dilihat dari sisi harga yang tinggi, melainkan mempelajari komponen-komponen penting yang ada di Laptop agar game anda bisa dimainkan. Komponen-komponen tersebut adalah:

1. CPU

CPU atau central processing unit adalah rangkaian elektronik dalam computer yang berfungsi untuk menjalankan instruksi-instruksi pemrograman dalam game. Ketika kita membeli sebuah game, di dalamnya terdapat banyak sekali data yang perlu diproses agar bisa dijalankan atau dimainkan. Dalam hal ini, CPU bertugas sebagai otak agar kita bisa masuk ke dalam game tersebut.  

 

Dalam menentukan jenis CPU yang terbaik kita disarankan memberi CPU yang keluaran terbaru. Namun, jika kita kekurangan dana kita bisa membeli jenis CPU yang sebelumnya dengan syarat CPU tersebut dianggap standar minimum untuk menjalankan Game yang kita mainkan. Contoh-contoh merek CPU yang terkenal adalah Intel core dan AMD Ryzen

 

2. GPU

Kalau misalnya Game yang anda mainkan tampak memiliki grafik yang wah, maka ini GPU adalah bagian yang vital untuk anda pelajari. Perangkat ini berfungsi untuk menampilkan gambar-gambar dalam game yang nantinya membuat game bisa berjalan dengan lancar. Semakin baik kualitas gambar yang bisa ditampilkan masa semakin halus juga game yang anda mainkan. Soal harga, biasanya GPU adalah yang termahal ke dua setelah CPU.

 

3. RAM

RAM atau Random Access Memory adalah bagian computer yang berfungsi sebagai tempat  menyimpan data-data yang sedang dipakai agar dapat diolah di prosesor. Tiap game membutuhkan kapasitas data yang berbeda-beda. Semakin besar RAM yang digunakan, maka bisa menjamin game yang kita mainkan tidak mengalami perlambatan atau mungkin crash.

 

4. Storage

Anda ingin memiliki beberapa gim sekaligus di dalam computer anda? maka anda harus mempertimbangkan kapasitas hardisk anda. semakin berkembang jaman, semakin besar data game. Bahkan ada beberapa game yang memiliki data diatas 100 gigabyte ( dan itupun belum ditambah DLC). Akan sangat merepotkan jika anda harus menghapus dan menginstal ulang game yang sudah anda selesaikan susah payah karena membutuhkan ruang buat game baru. Maka jangan khawatir untuk memaksimalkan bagian ini.

 

5. Controller

Salah satu hal yang tak kalah penting adalah kita membutuhkan control agar bisa menjalankan game yang kita punya. Biasanya ada 2 jenis control yang dipakai yaitu yang memakai keyboard komputer atau menggunakan joystick seperti playstation atau x box. Keduanya sama saja tergantung kita lebih nyaman pakai yang mana.

 

6. Screen

Terakhir tapi gak kalah penting kita juga perlu memperhatikan layar  laptop kita. Karena Game sangat memerlukan kemampuan visual kita, maka pilihlah layar yang bisa menampilkan game kita dengan jelas. Jangan sampai nanti keasikan kita dalam bermain game terganggu dengan kualitas layar yang buruk.

 

Itulah 6 hal yang perlu kita perhatikan dalam membeli laptop buat nge-game.  sebenarnya kita tidak perlu membeli laptop yang selalu up to date dengan yang terbaru melainkan mencari laptop yang dirasa sudah cukup untuk memainkan game milik kita.

Komentar

Archive

Formulir Kontak

Kirim