SIRAWANG.COM: 6 Cara jitu menghemat uang demi masa depan expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Thursday, June 13, 2019

6 Cara jitu menghemat uang demi masa depan

Penghasilan besar sekalipun tidak akan ada artinya bila kamu tidak mengetahui bagaimana cara menghemat uang. Pasalnya, sikap boros akan membuat kamu sering mengeluarkan uang untuk memenuhi keinginan sesaat.

Menghemat uang memiliki beragam manfaat. Selain menjamin keamanan finansial di masa depan, kamu juga bisa memiliki anggaran ekstra untuk menikmati liburan, membeli sesuatu, atau memperoleh hal lain yang telah lama kamu dambakan.

Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat uang: 

1. Merancang pembagian biaya

Cara menghemat uang yang pertama adalah dengan pembagian biaya bertujuan untuk menyeimbangkan banyaknya uang yang dikeluarkan guna memenuhi kebutuhan bulanan, keinginan pribadi, tabungan, maupun kebutuhan lainnya.

Perbandingan pembagian biaya yang disarankan adalah 50/30/20. Artinya, 50 persen penghasilan digunakan untuk kebutuhan utama, 30 persen untuk keinginan pribadi, dan 20 persen untuk tabungan.

2. Mengunduh aplikasi pengatur keuangan

Kesibukan kerja terkadang menjadi hambatan dalam mengatur keuangan. Untungnya, kini tersedia banyak aplikasi pengatur keuangan yang dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran dalam berbagai kategori.

Begitu kamu mengeluarkan uang, segera catat pengeluaranmu dalam aplikasi tersebut. Jangan lupa meninjau kembali hasilnya setelah satu pekan atau setiap akhir bulan untuk memastikan pengeluaran tetap sesuai jalur.

3. Memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dulu 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan setelah memperoleh pemasukan adalah memprioritaskan seluruh kebutuhan utama terlebih dulu. Contoh kebutuhan utama antara lain tagihan bulanan, bahan makanan, dan utang-piutang.

Kemudian, ambil beberapa persen dari pemasukan sebagai tabungan. Walaupun pengeluaran pertama tampak besar, kamu sebenarnya telah memenuhi seluruh kebutuhan sepanjang bulan tersebut.


Agar kamu bisa lebih berhemat, sabarlah sebelum membeli sesuatu 


4. Bersabar sebelum membeli sesuatu

Saat hendak membeli sesuatu, coba tahan kembali keinginan tersebut. Pikirkan kembali apakah kamu benar-benar membutuhkannya. Pertimbangkan poin plus dan minus dari membeli barang tersebut.

Barang yang ingin kamu beli mungkin tidak mahal, tapi perilaku berbelanja secara impulsif dan berulang kali justru bisa menjadi sumber pengeluaran terbesar. Jadi, mulailah berlatih untuk bersabar sebelum membeli sesuatu.

5. Membuat rekening bank khusus untuk menyimpan uang

Idealnya, kamu perlu memiliki setidaknya dua rekening bank. Satu rekening ditujukan untuk melakukan transaksi sehari-hari, sedangkan rekening lainnya berfungsi sebagai tempat menyimpan uang.

Mencampurkan uang untuk kebutuhan dengan uang simpanan justru dapat membuatmu lebih boros. Saldo yang tersisa dalam tabungan tampak lebih banyak, padahal setengah di antaranya merupakan simpanan untuk kebutuhan darurat.

6. Memanfaatkan diskon dan promosi 

Cobalah mencari diskon, promosi atau cashback saat berbelanja, makan di restoran, maupun membeli tiket untuk liburan. Cara menghemat uang yang satu ini bisa membuatmu tetap senang sekaligus menjaga dompet tetap aman.

Bila perlu, kamu juga bisa mendaftar keanggotaan untuk mendapatkan promosi dari toko maupun restoran yang menyediakannya. Pilihlah keanggotaan bebas biaya agar kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

7. Hindari berlangganan layanan yang tidak diperlukan 

Jika saat ini kamu berlangganan layanan TV kabel, streaming musik, dan sejenisnya, coba pertimbangkan kembali seberapa besar manfaatnya. Langganan bulanan seperti ini bisa menjadi salah satu sumber pengeluaran terbesar.

Apabila kamu ingin berlangganan layanan hiburan, pilihlah salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Agar lebih hemat lagi, pilihlah jenis plan dengan harga yang terjangkau tanpa perlu mematok jangka waktu layanan selama sebulan. 

Kamu telah bekerja keras untuk memperoleh gaji yang layak. Memiliki simpanan uang dan mampu menikmati anggaran ekstra adalah salah satu bentuk penghargaan terhadap diri sendiri. 

Jadi, jangan sia-siakan kerja kerasmu dengan bersikap boros. Pada akhirnya, kamulah yang akan merasakan manfaat dari menghemat uang. Yuk, mulai berhemat dari sekarang agar kamu bisa menikmati hasilnya di masa depan.

Follow by Email

Popular Posts

adv