SIRAWANG.COM: SEKALI LAGI TENTANG KUPU-KUPU expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Wednesday, March 6, 2019

SEKALI LAGI TENTANG KUPU-KUPU


Tidak ada serangga manapun yang lebih banyak diceritakan orang dalam mengajarkan tentang perubahan dibanding kupu-kupu. Sebab, metamorfosis yang terjadi padanya begitu menakjubkan.



Meskipun hanya berasal dari ulat yang tidak menarik, ia akhirnya berhasil untuk berubah menjadi serangga terbang dengan sepasang sayap yang sangat indah. Bukankah ini menginspirasi!
Tetapi tunggu dulu. Saudara akan semakin mengagumi makhluk kecil ciptaan Allah ini setelah membaca cerita berikut.
Tersebutlah seorang lelaki yang tidak sengaja melihat kepompong yang bergerak-gerak. Ia lantas mendekati dan mengamati baik-baik apa gerangan yang sedang terjadi.
Rupanya ia melihat seekor kupu-kupu yang berusaha keluar dengan merobek-robek cangkang kepompong dari dalam. Lama sekali ia perhatikan kejadian ini. Sungguh kupu-kupu itu sangat kesulitan dengan usahanya.
Si lelaki merasa kasihan dengan kupu-kupu yang terlihat benar-benar kepayahan. Maka ia mengambil sebuah gunting, kemudian membantu merobek cangkang kepompong tersebut sampai terbentuk bukaan yang cukup besar.
Kini kupu-kupu itu berhasil melenggang keluar dengan mudahnya. Sayapnya terlihat indah. Tetapi apa yang tampak berikutnya sangat mengejutkan!
Setelah dicermati dengan seksama, kedua sayapnya terlalu kecil, dan ternyata kupu-kupu itu tak bisa terbang! Ia hanya berjalan-jalan saja di permukaan tanah.
Mengertilah si lelaki bahwa sejatinya perjuangan kupu-kupu merobek cangkang itu berguna untuk mengokohkan kedua sayapnya!
Inilah dia pelajaran berikutnya dari alam ciptaan Allah. Bahwa setiap manusia harus berjuang. Mau tidak mau kita harus merobek cangkang kepompong kita sendiri.
Kepayahan demi kepayahan memang sudah semestinya kita tempuh. Dalam letihnya bangun malam sebenarnya kita sedang merobek cangkang. Dalam beratnya menuntut ilmu kita pun sedang merobek cangkang.
Dalam lelahnya puasa, tilawah Al-Quran, membantu sesama muslim, sejatinya kita sedang mengokohkan sayap-sayap kita sendiri!
Salam Hijrah. 
⏰ Waktunya bangun dan berubah dari tidur panjang kita!

No comments:

Post a Comment