SIRAWANG.COM: 5 Tips Mengoptimalkan DM IG untuk Online Shop expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sunday, March 3, 2019

5 Tips Mengoptimalkan DM IG untuk Online Shop

5 Tips Mengoptimalkan DM IG untuk Online Shop
Ketika akun Instagram bisnis online kamu bertumbuh, artinya akan ada peningkatan pada Pesan Langsung atau Direct Message (DM) di kotak masuk Instagram. Ini adalah prestasi yang hebat karena audiens kamu merasa terlibat dan ingin melakukan percakapan mengenai brand atau produk bisnis onlinemu.



Tentu kamu tidak ingin menyia-nyiakan hal tersebut, bukan? Ibaratnya, jika ada yang mengajak ngobrol, masak tidak digubris. Orang itu akan kecewa meninggalkanmu. Itulah mengapa DM perlu mendapatkan perhatian dan tidak bisa disepelekan.
Tidak hanya itu, followers yang mengirimkan DM pada akun bisnis kamu artinya memiliki ketertarikan lebih akan produk maupun brand. Itu artinya bagus dan sebaiknya segera ditanggapi. Alangkah baiknya kamu juga mengatur kelola DM dengan baik agar tidak membuat kamu terus menerus menatap layar hape saja.
Karena itu, Activfans akan membagikan 5 tips mengelola Direct Messages Instagram tanpa stres dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens kamu. Berikut ini 5 tips mengoptimalkan DM IG untuk bisnis online. Cek ulasannya di bawah ini.
1. Tetapkan gaya bahasa untuk balasan
Satu hal yang penting dalam membalas pesan adalah kamu perlu membayangkan pesan itu seperti orang berbicara, lalu cerminkan lagi pada karakter akun Instagram. Misalnya jika menjual kaus distro, baju kasual maupun keperluan remaja sehari-hari, kamu bisa menggunakan bahasa yang luwes. Ini akan jauh berbeda bila yang dijual adalah peralatan kantor dengan target market karyawan, maka gaya berbicara yang digunakan adalah bahasa yang formal.
“Mengetahui cara mengatakan sesuatu sama pentingnya dengan mengetahui apa yang harus dikatakan.”
Jadi apakah kamu menggunakan bahasa yang formal atau menyenangkan, penting untuk mempertahankan gaya bahasa yang konsisten di setiap pesan. Jika kamu memiliki tim yang lebih besar dan beberapa orang mengelola DM Instagram di profil, pastikan semua orang mengetahui gaya bahasa yang dipilih, atau memiliki panduan editorial untuk membantu menjelaskan bagaimana cara membalas respon di DM.
2. Sisihkan waktu untuk membalas DM setiap hari
Anggaplah online shop kamu punya produk yang menarik minat followers. Karena penasaran, banyak dari followers mencari tahu dengan cara mengirim pesan di DM akun Instagram kamu. Coba bayangkan jika balasan yang dikirim lama. Bisa jadi followers kamu terlalu lama menunggu sehingga tidak lagi tertarik dengan produk kamu.
“Usahakan untuk menjawab pesan dari followers di kotak masuk DM agar mereka tidak kecewa karena kamu membalas terlalu lama.”
Jadi, sangat penting untuk tidak membiarkan followers kamu menunggu. Jadi usahakan sisihkan waktu setiap hari untuk membuka inbox dan meresponnya. Misalnya dalam sehari kamu perlu membuka inbox pada awal dan akhir jam kerja sekitar pukul 09.00 dan pukul 16.30. Tidak perlu setiap jam membuka inbox karena jika kamu tidak memiliki tim media sosial, itu akan membuat waktu kamu terkuras hanya untuk menjawab pesan.
3. Tanggapi DM Facebook & Instagram secara bersamaan
Sebentar lagi, kamu akan bisa menanggapi DM Instagram di kotak masuk Facebook. Fitur terbaru ini diuji coba di Amerika Serikat dan Brasil. Facebook mengumumkan bahwa telah diluncurkan fitur terbaru dalam menerima dan menanggapi DM DInstagram dari kotak masuk Facebook. Untuk bisa mengaksesnya, kamu akan menemukan opsi “Messenger” dan “Instagram Direct” ketika membuka kotak masuk di halaman Facebook.
“Dengan menjawab DM Instagram di Facebook, kamu bisa meningkatkan engagement dengan followers secara bersamaan.”
Selain menanggapi secara bersamaan, cara lain agar urusan membalas lebih cepat adalah dengan mengaktifkan fitur DM Auto Reply. Fitur ini bisa menyapa followers baru kamu sejak kali pertama mereka klik tombol follow. Secara otomatis, followers baru tersebut akan menerima DM dari kamu. Analoginya sama seperti ketika ada tetangga baru di samping rumah dan kamu menyapa mereka terlebih dahulu. Sapaan ini merupakan komunikasi pertama yang membuat mereka di alam bawah sadar jadi ingat kamu. Ingat, pertemuan pertama begitu berharga.
Dengan menggunakan DM Auto Reply, engagement dengan followers akan meningkat dan konversi pun naik. Nah, fitur ini terdapat pada Instagram automatics tools, Activfans. Aktifkan tools ini dan dapatkan keuntungan lainnya.
4. Gunakan fungsi filter untuk mengatur kotak masuk
Urusan mengecek pesan yang masuk di DM akan semakin mudah dengan menggunakan fungsi filter. Letaknya berada di sudut kanan kotak masuk DM. Fitur itu berguna untuk mengatur pesan dalam urutan yang belum atau sudah dibaca. Setelah kamu mengatur filter, Instagram hanya akan menunjukkan mana pesan yang belum dibaca atau ditandai sebelumnya di kotak masuk kamu.
“Dengan menggunakan filter, kamu semakin mudah merespon dan mengelola DM.”
Kamu hanya akan melihat pesan yang belum dibuka di kotak masuk. Ini termasuk balasan dari followers yang kamu terima untuk pesan yang sudah dibuka dan direspon. Langkah ini akan mempermudah kamu dalam membalas sehingga tidak perlu mengecek satu persatu.
5. Buat Balasan Cepat
Photo by Jaelynn Castillo on Unsplash
Jika bisnis kamu menggunakan Instagram sebagai alat layanan pelanggan, kamu dapat menemukan bahwa followers Anda secara rutin bertanya seperti “hei, buka jam berapa ya?” atau “kapan produk ini akan tersedia kembali?” Sangat penting untuk merespon dengan cepat ketika banyak DM masuk di inbox Instagram. Kuncinya, untuk membantu mempercepat proses, kamu dapat membuat balasan yang cepat.
Cara membuat balasan cepat adalah sebagai berikut:
Membuka profil dan klik tombol dengan tiga garis di sudut kanan atas layar.Ini akan membuka menu sidebar tempat kamu dapat mengakses pengaturan Instagram Anda.Dari sini, klik setting atau tombol pengaturan dan cari ke bagian bawah ke Pengaturan Bisnis. Kamu akan melihat opsi untuk Balasan Cepat.Lalu klik tombol “+” di sudut kanan atas.Ketuk tombol Simpan di sudut kanan atas.
Jangan khawatir, kamu masih dapat mengedit dan memperbarui balasan setelah disimpan. Sekarang ketika kamu ingin menggunakan balasan cepat, yang harus Anda lakukan adalah mengetikkan pintasan yang telah dibuat sebelumnya dalam respons kamu. Klik dan kamu akan melihat tombol Quick Replies berwarna biru muncul di kotak pesan. Ketika kamu mengetuk tombol itu, pesan yang ditulis sebelumnya sebagai balasan cepat secara otomatis akan muncul
“Fitur quick reply dapat membantu mempercepat proses balasan dan menjawab pertanyaan Anda yang paling sering diajukan tanpa kesulitan.”
Mau lebih mudah lagi? Kamu perlu menggunakan DM auto reply. Fitur ini akan menyapa followers terbaru kamu lewat pesan di DM sejak awal mereka klik tombol follow. Berbeda dengan quick reply, DM auto reply ini akan bekerja secara otomatis. Kamu bisa mengatur sekali saja dan bisa digunakan dengan fitur spin messages. Dengan menggunakan fitur ini, waktu luang kamu semakin banyak.
Untuk bisa mengakses DM auto reply, kamu perlu mengaktifkan Instagram automatics tools, Activfans. Tools ini terbukti telah membantu ribuan online shop dalam mengurus keperluan DM. Mau info lebih lanjut.
Demikianlah 5 tips mengoptimalkan DM IG untuk bisnis online. Tips-tips di atas berguna untuk kamu yang ingin menyelaraskan penggunaan direct messages yang selama ini disepelekan oleh pebisnis pemula yang menggunakan Instagram. Selamat mencoba dan sukses selalu

No comments:

Post a Comment