SIRAWANG.COM: Cerita Sukses Jack Ma Dulu Diremehkan, Kini Jadi Orang Terkaya Kedua di China expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Tuesday, February 26, 2019

Cerita Sukses Jack Ma Dulu Diremehkan, Kini Jadi Orang Terkaya Kedua di China

Tak ada yang menyangka, bocah kecil yang lahir dari keluarga miskin kini menjadi orang terkaya kedua di China. Bocah itu bernama Jack Ma. Bahkan lamaran kerjanya selalu ditolak oleh berbagai perusahaan di China. Namun kini menjadi pengusaha paling sukses di dunia dengan perusahaan e-commerce top dunia, bernama AliBaba.

Jack Ma lahir pada 10 September 1964 di Provinsi Hangzhou. Ia lahir dari keluarga miskin yang menjadi korban dari revolusi kultural di China. Tapi ia tak pernah kehabisan akal untuk selalu menimba ilmu. Bahkan cara dia belajar bahasa inggris adalah dengan secara sukarela mengantarkan para turis tanpa dibayar. Selama lima tahun Jack Ma sengaja menawarkan jasa guide gratis, supaya dia bisa belajar bahasa inggris dari para wisatawan..



Ketika usianya menginjak remaja, Jack Ma sebagaimana yang anak remaja lainya, ia pun ingin menempuh pendidikan di universitas. Namun berbagai universitas juga menolaknya, bahkan Harvard University pun saat itu juga tidak menerimanya masuk sebagai mahasiswa.

Tiga tahun ia habiskan hanya untuk mencari universitas dan melamar pekerjaan, namun semuanya menolak. Namun ia berhasil mendapatkan pekerjaannya menjadi guru sekolah di mana saat itu ia digaji USD 10 per bulan.

Namun semua itu mengalami perubahan, saat tahun 1995 internet mulai dikenal, Jack Ma memiliki ide revolusioner untuk mengembangkan pasar online di China. Saat itu, apa yang dilakukan Jack Ma selalu diragukan orang, karena mana mungkin membuat sebuah bisnis menjadi sukses menggunakan jaringan internet.

Walaupun sempat bangkrut, kini, prediksi Jack Ma benar. Ia berhasil mengembangkan AliBaba yang kini menjadi E-commerce terbesar di dunia. Bahkan nilai AliBaba disebut-sebut melebihi potensi yang dimiliki Facebook. Dalam hitungan per hari, AliBaba disebut berhasil melampaui e-Bay dan Amazon.

Jack Ma yang awalnya hanya ingin mencari kerja, namun karena selalu gagal untuk mendapatkannya,  maka ia menciptakan pekerjaan sendiri. Kini pekerjaannya menjadi salah satu pusat ekonomi digital di negaranya China, bahkan di dunia. Kini ia membuka peluang usaha bagi masyarakat China dan dunia, yang ingin membuka perusahaan startup seperti dirinya.

Nah. itulah sosok inspiratif yang dapat menginspirasi Sobiz agar jangan pernah takut gagal ketika membuka usaha, karena di era digital seperti ini banyak sekali peluang usaha untuk semua pebisnis pemula. 

Follow by Email

Popular Posts

adv