SIRAWANG.COM: 5 tips agar rutin olahraga expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sunday, February 10, 2019

5 tips agar rutin olahraga

Kita tahu bahwa berolahraga secara rutin bermanfaat untuk kebugaran tubuh, menjadikan mood lebih baik, serta dapat mengurangi stres. Namun, kita juga tahu bahwa memulainya kerap menjadi langkah terberat. Hal inilah yang sering menjadi kendala untuk pelari pemula. Berikut beberapa tips untuk para pemula yang baru ingin mulai berlari:  

 
1. Cari teman lari
Memiliki teman lari membantumu untuk lebih semangat mulai berlari. Apalagi bila teman tersebut sesama pelari pemula, maka akan saling mengingatkan dan memotivasi satu sama lain.

2. Tetapkan tujuan
Memiliki tujuan membantumu lebih termotivasi. Namun, pastikan tujuan tersebut bisa dicapai dalam durasi waktu yang realistis, misalnya menurunkan berat badan dua kilogram dalam seminggu atau ingin mencapai jarak lari yang diinginkan.

3. Mulai dengan jalan kaki
Tidak masalah bila kamu belum bisa lari non-stop, setidaknya kamu sudah memulai dan mencoba. Mulai dengan pola jalan-lari, jalan dua menit dan lari santai satu menit. Lakukan hingga kamu merasa pola ini sudah terasa mudah dan tingkatkan repitisi secara bertahap.

4. Buat catatan lari
Dengan begini, kamu akan punya rekam jejak latihan dan bisa melihat perkembanganmu. Suatu cara yang baik untuk mempertahankan motivasi.

5. Miliki sepatu lari yang sesuai
Gunakan sepatu khusus lari yang sesuai dengan bentuk kaki atau tipe gerakan kaki.  Hal ini untuk mencegah terjadinya cedera, terlebih untuk pemula yang masih belum terbiasa dengan pergerakan pada telapak dan pergelangan kaki.
.
Bagaimanapun, lari adalah aktivitas fisik yang murah meriah. Semua orang bisa menikmati dan meraup manfaatnya.

No comments:

Post a Comment