SIRAWANG.COM: 5 tips ampuh berjualan dari Instagram expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sunday, January 27, 2019

5 tips ampuh berjualan dari Instagram

Tahukah Sobiz, kalau Indonesia masuk daftar pengguna Instagram terbesar di dunia? Menurut data terbaru, ada sekitar 1 milliar pengguna aktif di dunia dan sebagian besarnya adalah orang Indonesia. Instagram sebagai aplikasi untuk berbagi foto dan video memang sangat populer. Media sosial yang satu ini juga memiliki peranan penting bagi sebuah bisnis atau peluang usaha. Hampir semua lini bisnis menggunakan Instagram sebagai wadah untuk berpromosi, mulai dari ecommerce, retailer, perusahaan travel dan sebagainya.

Ke-efektifan Instagram ini juga menjadi peluang usaha  baru bagi kesuksesan layanan pengembangan usaha  ke depannya. Bagaimana caranya? Hal yang paling mendasar yang harus diperhatikan adalah pastikan nama brand, logo, serta tulisan Sobiz di bio harus menarik, Sobiz. Selanjutnya gambar dan konten yang diposting juga harus bagus hingga bisa menarik followers yang ditargetkan. Kalau sudah, Sobiz tinggal mengikuti 5 cara sukses berbisnis menggunakan Instagram berikut ini:

1. Maksimalkan penggunaan hashtag
Setelah memiliki konten yang menarik untuk mengisi feed Instagram, jangan lupa dengan hashtag! Biasanya pengguna Instagram akan menggunakan hashtag untuk mempermudah pencarian info yang mereka butuhkan. Gunakan hashtag yang relevan dengan gambar konten yang akan Sobiz posting. Misalnya #jualtiketmurah #souvenirunik #kebayabrokat dan lain-lain.

2.  Tambahkan konten untuk fitur Stories
Selain memperhatikan konten di feed, konten di instagram stories juga perlu lho. Data pada Juni 2018 menunjukkan bahwa pengguna yang melihat Instagram Stories setiap harinya mencapai 400 juta. Followers pun bisa langsung mengirimkan direct message dari konten yang diupoad di stories, sehingga menjadi media komunikasi yang baik juga antara Sobiz dengan customer. Tertarik untuk memulainya?

3. Interaksi dengan customer lewat balasan komentar dan direct message
Usahakan untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan melalui kolom komentar serta membalas pertanyaan lewat direct message. Dengan begitu, bisnis kita akan terasa lebih dekat dengan pelanggan. Kedekatan dengan pelanggan ini akan membuat citra brand bisnis menjadi baik. Bukan tidak mungkin nanti pelanggan akan ikut mempromosikan brand bisnis kita di Instagram miliknya.

4. Promosi berbayar agar jangkauannya lebih luas
Tak ada salahnya untuk merogoh kocek sedikit demi mempromosikan brand bisnis Sobiz. Dengan menggunakan fitur promote, Sobiz bisa mengiklankan postingan Sobiz untuk dilihat lebih banyak orang lagi. Cara ini akan membuat semakin banyak orang aware akan keberadaan brand bisnis Sobiz. Followers dan pelanggan baru pun akan ikut bertambah.

5. Pilih Influencer atau Buzzer yang relevan
Untuk cara terakhir ini, lagi-lagi Sobiz perlu untuk mengeluarkan modal promosi. Pilih Influencer Instagram yang dirasa sesuai dengan brand bisnis Sobiz. Karena followers mereka juga bisa menjadi target market kita. Dengan memposting brand kita di akun mereka dan tag ke akun brand kita, followers akan ikut bertambah. Begitu juga dengan pelanggan-pelanggan baru.

Beberapa cara sukses berbisnis menggunakan Instagram di atas dapat digunakan baik untuk peluang usaha baru maupun lama. Instagram menjadi salah satu platform yang bisa menjadi solusi untuk meningkatkan pelanggan dan tentu memperoleh keuntungan yang lebih besar.

No comments:

Post a Comment