Humaniora Site: Tips memilih jurusan Kuliah expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Thursday, December 28, 2017

Tips memilih jurusan Kuliah

Oleh Awang Darmawan, S.Pd

“langkah kaki hari ini menentukan langkah kaki hari esok” 

mungkin pepatah inilah yang ingin penulis sampaikan sebelum anda membaca artikel ini. karena banyak pengalaman penulis melihat permasalahan yang terjadi akibat kesalahan memilih jurusan. contonya si budi memilih jurusan sastra arab padahal budi tidak memiliki latar belakang pesantren atau belajar bahasa arab sebelumnya lantas budi merasa kesulitan dalam mengikuti perkuliahan di jurusan bahasa arab karena di jurusan bahasa arab tidak legi belajar dasar dasar bahasa arab tetapi langsung menganalisa karya karya sastra dalam bahasa arab sehingga budi memutuskan untuk berhenti kuliah dan pindah jurusan bahkan pindah kampus di semester kedua. hal tersebut bisa kita hindari jika kita mau menganalisa kemampuan diri dan mengukur apakah kita bisa belajar di jurusan tersebut.
Penulis mencoba untuk memberikan tips bagaimana memilih jurusan sesuai minat, bakat dan kemampuan anda.
yang musti anda pertimbangkan
1.       Dana atau biaya perkuliahan
Banyak Mahasiswa yang tidak dapat melanjutkan perkuliahan atau drop out akibat permasalahan dana. coba kita bandikan kuliah di Fakultas kedokteran dan kuliah di Fakultas Keguruan. harga bahan praktek mahasiswa Kedokteran bisa dikatakan mahal dibandingkan bahan praktek mahasiswa keguruan.
untuk itu saya sarankan bagi anda yang sedang memilih jurusan di universitas untuk bersikap bijak dan dapat mengukur kemampuan dana anda sendiri.

2.       Bakat
Anda tahu dimana bakat anda, anda tahu sebatas mana kemampuan anda tapi saya menyarankan metode matematis dalam menentukan minat dan bakat anda
a.       kumpulkan raport sekolah anda mulai dari SD sampai SMA
b.      kelompokan mata pelajaran di raport anda menjadi tiga kelompok besar
·         Sosial,
·         Bahasa dan Seni
·         Eksakta
c.       Samakan jumlah mata pelajaran antara masing masing kelompok besar
d.      jumlahkan semua nilai yang telah anda raih dalam masing masing kelompok tersebut
e.      bandingkan dimanakah nilai terbesar anda peroleh selama anda bersekolah dalam sembilan tahun

3.       Rasional
setelah melakukan tips kesatu dan kedua cobalah untuk rasional. rasional dalam menggambil keputusan. jangan terpengaruh oleh hal hal yang tidak penting contohnya persaingan antar teman, jurusan favorit dan pengaruh orang lain. cobalah untuk berfikir se rasional mungkin karena anda lah yang akan menjalaninya bukan orang lain.
demikianlah tips ini saya saya bagikan semoga bermanfaat bagi kita semua jangan lupa untuk membagikan ke yang lain. 

No comments:

Post a Comment